Dinas Kesehatan Perkuat Kapasitas Petugas Menghadapi Pandemi Covid-19

Dinas Kesehatan Perkuat Kapasitas Petugas Menghadapi Pandemi Covid-19

Dalam rangka penguatan penanggulangan pandemi covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu meningkatkan kapasitas petugas surveilans Dinas Kesehatan dan 15 Puskesmas se-Kabupaten Labuhanbatu. Peningkatan kapasitas petugas dilaksakan dalam bentuk Pertemuan Penanggulangan KLB Covid-19 di Ruang Data Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu pada Selasa 8 Desember 2020. Pertemuan dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, H. Kamal Ilham, SKM, MM, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, Rahmat Hasibuan, SKM dan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Desy Kurniasi, SKM.

Sebagai narasumber pertemuan adalah Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Teguh Supriadi, SKM, MPH.

Petugas surveilans yang berkualitas di Puskesmas sangat dibutuhkan dalam penanggulangan pandemi covid-19 saat ini terutama dalam pelacakan (tracing) kontak kasus konfirmasi covid-19. Pelacakan kasus bertujuan menemukan sebanyak mungkin orang yang kontak erat dengan kasus konfirmasi covid-19. Petugas surveilans wajib melakukan identifikasi faktor risiko terjadinya penularan covid-19 pada kontak erat dan orang disekitarnya, demikian menurut narasumber.

Untuk diketahui, saat ini Kabupatan Labuhanbatu merupakan zona orange risiko penularan covid-19 (tingkat risiko sedang) dengan jumlah kasus konfirmasi sebabnyak 290 kasus, 215 diantaranya telah selesai isolasi (angka kembuhan: 74,1%) dan 8 meninggal dunia (CFR: 2,8%)

Share this post