Pemberian Vitamin A di Kabupaten Labuhanbatu

Pemberian Vitamin A di Kabupaten Labuhanbatu

Labuhanbatu, 21 Februari 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan pemberian Vitamin A secara serentak di 15 (lima belas) puskesmas pada Bulan Februari 2022. Vitamin A yang diberikan terdiri dari dua jenis. Vitamin A berwarna biru dengan dosis 100 ribu IU, diberikan kepada bayi enam bulan sampai dengan 11 bulan. sedangkan vitamin A berwarna merah dengan dosis 200 ribu IU untuk anak usia 12 bulan hingga 59 bulan. Selain pada bayi, Vitamin A merah juga diberikan kepada ibu menyusui. Kegiatan pemberian vitamin A ini dilakukan di posyandu, PAUD, dan TK.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Friska Ernawati Simanjuntak, SKM, menyebutkan ada 50386 bayi dan balita usia 0 s.d. 59 bulan di Kabupaten Labuhanbatu menjadi sasaran. Vitamin A diberikan untuk usia 6 hingga 11 bulan sebanyak 5111 anak dan usia 12 hingga 59 bulan sebanyak 45461 anak. Kekurangan Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang, termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang penyakit seperti kebutaan, kelainan mata, infeksi saluran pernafasan akut, campak, cacar air,diare, gangguan penyerapan pada usus dan bahkan bisa terserang penyakit berat lainnya karena kurangnya kekebalan sistem imun.

Dimasa pandemi ini, kekurangan vitamin A pada anak mampu membuat daya tubuh menurun sehingga memudahkan tertularnya virus COVID-19. Dimana penyakit ini menyerang saluran pernafasan penderita bahkan jika sudah terkena COVID-19 dan kekurangan asupan vitamin A dapat memiliki gejala yang berat bagi si penderita yang memiliki masalah kekurangan vitamin tersebut. Suplemen ini memiliki banyak manfaat, selain untuk mencegah terjadinya rabun senja juga untuk mencegah kelainan pada kornea mata,” jelasnya. Dia memastikan, seluruh balita di Kabupaten Labuhanbatu mendapatkan vitamin A. Dengan begitu, mereka dapat bertumbuh menjadi anak yang sehat.

Berikut video seputar pemberian Vitamin A di Kabupaten Labuhanbatu :

Share this post