FGD ( Focus Group Discussion )

FGD ( Focus Group Discussion )

Rantauprapat, 02 Juni 2021

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu melakukan Kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Pengukuran Kebugaran Jasmani Bagi Anak SD yang menghadirkan 8 ( delapan ) orang petugas sanitarian, 3 (tiga) orang petugas UKS Puskesmas, dan 8 ( delapan ) orang Guru PJOK di Sekolah Dasar. Tidak hanya bagi orang dewasa, olahraga juga memiliki sederet manfaat bagi anak. Pendidikan jasmani di sekolah sebagai bagian integral dari pendidikan akan membantu para siswa untuk dapat menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan secara optimal baik fisik, motorik, mental, dan sosial.

Kebugaran Jasmani pada siswa sekolah dasar merupakan salah satu komponen penting yang dapat mendukung prestasi siswa. Kebugaran Jasmani menggambarkan kondisi fisik seseorang melakukan aktifitas fisik, kebugaran jasmani tidak sama dengan kesehatan. Orang yang sehat belum tentu bugar, tetapi orang yang bugar sudah pasti sehat.

Kebugaran Jasmani pada siswa sekolah dasar merupakan salah satu komponen penting yang dapat mendukung prestasi siswa. Kebugaran Jasmani menggambarkan kondisi fisik seseorang melakukan aktifitas fisik, kebugaran jasmani tidak sama dengan kesehatan. Orang yang sehat belum tentu bugar, tetapi orang yang bugar sudah pasti sehat. Pertemuan FGD dilakukan secara out door di Café Kaligoro dengan menghadirkan Kepala Bidang Kesmas yaitu Ibu Friska Simanjuntak, SKM. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa ‘ Pengukuran kebugaran jasmani dapat di ukur secara manual yaitu Kartu Menuju Bugar Pria , Kartu Menuju Bugar Wanita, dan Kartu Menuju Bugar Anak SD dan dapat di ukur melalui Aplikasi SIPGAR yang bisa di upload di playstore’.

Kegiatan yang dilakukan selama 1 ( satu ) hari ini terasa begitu singkat, karena peserta antusias mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Narasumber yang di undang dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yaitu ibu Nani Sumarni, SKM. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa jarak tempuh yang harus dilalui dalam pengukuran Kebugaran Jasmani bagi orang dewasa Pria dan Wanita adalah sejauh 1600 m, sedangkan pada anak sekolah dasar sejauh 1000 m.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan supaya seluruh Anak Sekolah Dasar sehat dan Bugar supaya dapat menerima pelajaran dengan baik. Diharapkan kerjasama yang baik antara Petugas Sanitarian, Petugas UKS di Puskesmas dengan Guru – guru PJOK di sekolah dasar.

Share this post