Bayi Kembar Siam Tinggalkan RSUP Adam Malik

Bayi Kembar Siam Tinggalkan RSUP Adam Malik

Rantauprapat, 03 Maret 2021

Lima pekan pasca operasi pemisahan bayi kembar siam Adam dan Aris, pada 21 Januari lalu, keduanya sudah dapat pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, pada Rabu. Bayi kembar siam Adam dan Aris diserahkan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan kepada Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu.

Kebahagiaan kedua orang tua Adam dan Aris terlihat saat penyerahan kedua anak tersebut, kembarnya dari RSUP Adam Malik kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Perjalanan panjang perawatan Adam dan Aris sejak lahir di RS Haji Adam Malik. Pada saat Adam dan Aris menjalani operasi pemisahan kembar siam dempet dada dan perut pada 21 Januari yang lalu.

Tim dokter beranggotakan 50 orang melaksanakan operasi pemisahan selama 9 Jam 40 Menit, tim dokter berhasil memisahkan dempet pada bagian dada dan perut bayi Adam dan Aris selebar 10 x 15 cm. Ditambah berhasil membedah perlengkatan pada bagian liver atau hati yang tebal, termasuk pembedahan pada pergempetan pada bagian jantung dan bagian saluran cerna disempurnakan dengan kerjasama tim dokter ahli plastik.

Setelah dirawat 5 pekan pasca operasi, bayi Adam dan Aris dinyatakan sehat dan sembuh dari luka operasi. Berbagai vaksinasi juga telah diberikan kepada kedua bayi tersebut. Kesembuhan bayi Adam dan Aris disambut gembira oleh kedua orang tua sang bayi yang bernama Supono dan Nur Rahmawati, apalagi kedua orang tuanya telah menjaga buah hati mereka selama 1 Tahun 4 Bulan di rumah sakit.

Share this post