UJI FUNGSI BARANG SANITARIAN KIT DAN KESLING KIT

UJI FUNGSI BARANG SANITARIAN KIT DAN KESLING KIT

Rantauprapat, 02 Desember 2020

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Uji Fungsi Alat Sanitarian KIT dan Kesling KI di Ruang Data Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu. Uji Fungsi ini dilakukan oleh PT. Indoteknoplus sekaligus melatih para Petugas Sanitarian di UPTD Puskesmas Kabupaten Labuhanbatu yang akan memanfaatkan alat tsb. Sanitarian KIT yang diterima sebanyak 10 unit dan telah didistribusikan ke 10 UPTD Puskesmas di Kabupaten Labuhanbatu, yaitu : Puskesmas Perlayuan, Janji, Pangkatan, Teluk Sentosa, Sei. Berombang, Labuhanbilik, Negeri Lama, Sigambal, Lingga Tiga dan Sigambal. Sanitarian KIT itu sendiri adalah alat uji kualitas sanitasi lingkungan yang dapat digunakan untuk melakukakan pemeriksaan sampel air, makanan dan udara. perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat. Maka dibutuhkan peran sanitarian sebagai pelaksana pengamatan kesehatan lingkungan, pengawasan kesehatan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk dapat memelihara, melindungi dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat. Sanitarian membawa pemahaman mikrobiologi, penilaian risiko, ilmu pengetahuan dan teknologi lingkungan, ilmu pangan, serta keterampilan dan pengetahuan yang terkait dengan pelacakan dan pengendalian penyakit menular. misalnya memeriksa fasilitas makanan, menyelidiki gangguan kesehatan masyarakat, dan menerapkan pengendalian penyakit.

Fungsi utama Sanitarian Kit adalah untuk membantu masyarakat terhindar dari penyakit yang berada di lingkungan sekitar. Namun untuk lebih spesifiknya ialah:

  • Mengetahui tingkat kelembaban ruang
  • Mengetahui kandungan berbahaya makanan
  • Mengetahui bakteri dan virus jahat
  • Mengetahui kualitas air
  • Mengurangi populasi nyamuk dan lalat
  • Mengukur tingkat kebisingan suara
  • Dan masih banyak lagi

Kadinkes berharap, kegiatan ini memberikan nilai tambah bagi pelayanan kesehatan di tengah masyarakat, terutama meningkatnya peran pengelola kesehatan lingkungan.

Serah Terima Alat Sanitarian KIT dan Kesling KIT oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu kepada Kepala Puskesmas.
Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat memiliki misi untuk menyelenggarakan upaya kesehatan esensial yang bermutu, merata, dan terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat, untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Untuk mendukung kinerja petugas sanitarian perlu dibekali / dilengkapi dengan peralatan berupa alat-alat pemeriksaan kualitas udara, pemeriksaan kualitas air dan pemeriksaan kualitas makanan. Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu telah mendistribusikan peralatan Sanitarian KIT dan Kesling KIT kepada 9 Puskesmas, yaitu Puskesmas Perlayuan, Janji, Pangkatan, Teluk Sentosa, Sei. Berombang, Labuhanbilik, Negeri Lama, Sigambal dan Linggatiga. Tim Trainer/Pelatih diunjuk langsung dari Indotekno Plus untuk melatih para Petugas Kesehatan Lingkungan/Sanitarian Puskesmas.

Share this post