Puskesmas Negeri Lama Ditutup Sementara

Puskesmas Negeri Lama Ditutup Sementara

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, H. Kamal Ilham, SKM, MM menutup sementara pelayanan kesehatan di Puskesmas menyusul ditemukannya 21 orang tenaga kesehatan terkonfirmasi Covid-19. Untuk sementara pelayanan kesehatan bagi masyarakat dialihkan ke Puskesmas Pangkatan atau Tanjung Haloban. Kebijakan ini diambil setelah dilakukan penyelidikan epidemiologi kasus covid-19 di Puskesmas Negeri Lama dan setelah berkoordinasi dengan Camat Bilah Hilir, unsur Koramil Bilah Hilir, Polsek Bilah Hilir dan tokoh masyarakat Negeri Lama.

Untuk diketahui, kasus pertama covid-19 di Puskesmas Negeri Lama adalah seorang tenaga kesehatan yang mengalami gejala mengarah covid 19. Ybs menjalani pengobatan di Puskesmas namun tidak membaik, sehingga menjalani pengobatan di Medan. Ybs mengikuti test PCR Covid-19 di Medan dan dinyatakan terkonfirmasi covid-19 pada 25 November 2020.

Menindak lanjuti kejadian tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan penjaringan lebih luas terhadap seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Negeri Lama beserta kontak kasus pertama dengan pelaksanaan swab massal di Puskesmas Negeri Lama pada 27 November 2020. Dari 99 orang yang diperiksa, sampai dengan 6 Desember 2020, sebanyak 27 orang telah diketahui terkonfirmasi covid-19 (positif rate: 27,27%), terdiri dari 21 orang tenaga kesehatan dan 7 orang merupakan kontak erat dari kasus konfirmasii di lingkungan rumah.

Untuk mencegah penyebaran lebih lanjut, Puskesmas Negeri Lama sementara ditutup bersamaan dengan masa isolasi petugas kesehatan baik yang konfirmasi maupun kontak erat dengan kasus.

Share this post